Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

BP3TKI Jakarta Sosialisasikan Peluang Kerja di Luar Negeri Melalui Dialog Live Steaming Interaktif RRI

-

00.08 22 August 2019 1463

Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi, menjadi narasumber dalam Dialog Live Steaming Interaktif di RRI, Selasa (20/08/2019).

Jakarta, BNP2TKI, Kamis (22/08/2019) – Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Jakarta melakukan kegiatan Sosialisasi Dialog Live Streaming Interaktif di Radio Republik Indonesia (RRI), Selasa (20/08). Dialog ini bertemakan Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman.

Dialog Live Streaming Interaktif selama kurang lebih 45 menit ini diisi dua narasumber, yaitu Kepala BP3TKI Jakarta dan Pengantar Kerja Ahli Madya Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta yang mewakili Kepala Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta.

Dalam siaran tersebut, masing-masing narasumber memberikan pengertian kepada masyarakat mengenai peluang bekerja ke luar negeri serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang legal serta aman.

Kepala BP3TKI Jakarta, Mucharom Ashadi menyampaikan bahwa saat ini tren penempatan PMI sudah semakin baik. Hal ini dapat dilihat pada tahun 2004-2007, penempatan PMI masih dipenuhi sektor domestic worker, sedangkan saat ini telah beralih pada sektor formal yang presentasinya lebih tinggi. Seperti yang diketahui, bekerja pada sektor formal lebih menjamin, baik dari sisi keamanan maupun kesejahteraan.

"Seperti yang kita ketahui, lapangan pekerjaan dan peluang kerja di dalam negeri tidak dapat mengakomodir kebutuhan pekerja, sehingga pemerintah dalam hal ini BNP2TKI, BP3TKI Jakarta, dan dinas-dinas provinsi memberikan alternatif untuk bekerja di luar negeri secara luas dan terbuka,” pungkas Mucharom Ashadi.

Pengantar Kerja Ahli Madya Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta yang mewakili Kepala Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta, Suhari, menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta memberikan pelatihan kepada calon pekerja yang siap bekerja baik di dalam maupun luar negeri.

“Pemprov DKI Jakarta setidaknya memiliki tujuh pusat pelatihan kerja di lima wilayah kotamadya yang melatih 23 jurusan keahlian bagi calon pekerja . Tidak hanya itu, pelatihan yang dilaksanakan akan di sertifikasi secara nasional oleh BNSP, jelas Suhari.

Di penghujung siaran, Mucharom menambahkan saran agar para calon Pekerja Migran yang akan bekerja ke luar negeri dapat bekerja secara aman dan menggapai cita cita dengan sukses maka sebaiknya berproses secara legal dengan datang ke kantor Dinas Ketenagakerjaan setempat ataupun ke BP3TKI di provinsi masing masing. ** (Humas/BP3TKI Jakarta/Ps/pw)