Wednesday, 3 June 2020

Berita

Berita Utama

BP3TKI Mataram Bekali Calon Pekerja Migran Indonesia tentang Pentingnya Informasi terkait Virus Corona

-

00.03 5 March 2020 461

-

MATARAM, BP2MI (2/3/2020) - BP3TKI Mataram membagikan informasi berupa infografis mengenai virus Corona, cara penyebarannya, serta bagaimana agar Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dapat mengantisipasi agar dapat terhindar dari virus mematikan ini, dalam  pelaksanaan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) di kantor BP3TKI Mataram, Senin (2/3). Sejak akhir tahun 2019 merebaknya virus Corona asal Tiongkok menyebabkan kekhawatiran tersendiri bagi CPMI, khususnya bagi CPMI yang akan bekerja ke negara penempatan yang telah terdampak virus Corona.

 Kepala Seksi Penyiapan dan Penempatan BP3TKI Mataram, Raden Joned Raditya Brahmanto, menyampaikan bahwa CPMI asal NTB mayoritas bekerja ke Malaysia  di mana Malaysia merupakan salah satu negara terdampak virus corona, sehingga sangatlah penting untuk mengetahui informasi tentang corona.

Joned juga menghimbau kepada CPMI agar selalu menjaga kesehatan ketika bekerja di luar negeri. “Jaga selalu kebersihan, baik kebersihan diri maupun lingkungan kerja,  rajin untuk mencuci tangan, dan menghindari keramaian apabila dirasa tidak penting. Apabila semua telah dilaksanakan, CPMI tidak perlu khawatir dan panik akan virus corona,” pungkas Joned.

BP3TKI Mataram juga menghimbau kepada Pelaksana Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) untuk ,enyampaikan informasi terkait corona kepada CPMI yang akan diberangkatkan. Selain kepada CPMI, keluarga dari CPMI juga harus diberikan pemahaman agar tidak merasa khawatir ketika keluarganya bekerja di luar negeri.

Berdasarkan data hingga bulan Februari 2020 BP3TKI Mataram telah melakukan proses pelayanan penempatan sebanyak 3.479 CPMI, yang mayoritas bekerja sebagai pekerja ladang kelapa sawit di negara Malaysia. ** (Humas/BP3TKI Mataram)