Wednesday, 3 June 2020

Berita

Berita Utama

BP3TKI Serang Tetap Lakukan Monitoring Kepulangan PMI

-

00.03 28 March 2020 346

-

Serang, BP2MI (28/03/2020) - Semakin hari Covid-19 makin meluas, lima ratus ribu orang di seluruh dunia terjangkit penyakit yang penyebabnya masih dalam perdebatan ini. Indonesia sudah menembus angka 1000 orang lebih penderita dengan angka kematian yang juga meningkat. Salah satu hal yang menjadi penyebab cepat meluasnya penyakit ini adalah heterogen dan tingginya mobilitas penduduk di negeri ini.

Dinamika ini juga tampak di satu unit kerja BP3TKI Serang yaitu Pos Pelayanan Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten dimana pada Jumat, (27/03/2020) BP3TKI Serang menerima kedatangan Sembilan PMI ABK Kapal Pesiar yang dipulangkan melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston, Amerika Serikat. Sembilan PMI itu bekerja pada perusahaan Carnival Cruise Line. Amerka Serikat sendiri saat ini menduduki peringkat teratas jumlah kasus COVID-19, yakni sebayak 85.991 kasus (John Hopkins Medical Institute).

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Serang, Bajongga Aprianto mengungkapkan kabar baik dari proses kepulangan ABK ini adalah kesembilan PMI tersebut telah dinyatakan bebas COVID-19 dan memiliki Sertifikat Kesehatan yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan Amerika Serikat. Meskipun demikian, kesembilan PMI ABK Kapal Pesiar ini langsung terbang ke daerah asalnya Denpasar dan Yogyakarta.

Lebih lanjut Bajongga mengatakan, petugas di Pos Pelayanan Pemulangan PMI selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi. Karena petugas yang memberikan pelayanan pemulangan PMI merupakan garda terdepan dalam hal pelayanan kepada para PMI di bandara dan representasi penting dari BP2MI.

“Prinsipnya BP3TKI Serang dalam menghadapi maraknya Covid-19, tetap hadir dalam memberikan pelayanan pemulangan PMI, namun dengan pengawasan ketat demi keselamatan dalam bertugas. Diantaranya petugas dipersiapkan Alat Perlindungan Diri (APD) dan secara rutin dilakukan sterilisasi tempat penampungan dengan disinfektan,” ucap Bajongga.

Selain itu juga, BP3TKI Serang selalu berkoordinasi dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Bandara Soekarno Hatta dalam hal penanganan pemulangan PMI. 

“Kami juga berkoordinasi dengan KKP dalam pelayanan di Debarkasi Soekarno Hatta. Termasuk dalam pelayanan ABK ini pun kami tidak lepas dari standart pelayanan sesuai protokol Kementerian Kesehatan sehingga pelayanan terhadap PMI tetap dilakukan”, tambahnya.*** (Humas/Budi C/BP3TKI Serang)