Wednesday, 19 June 2024

Berita

Berita Utama

Deputi Lasro Sambut Kepulangan Pekerja Migran Indonesia di Masa Hari Raya

-

00.04 7 April 2024 1050

Deputi Lasro Sambut Kepulangan Pekerja Migran Indonesia di Masa Hari Raya

Deli Serdang, BP2MI (7/4) – Deputi Bidang Penempatan dan Pelindungan Kawasan Asia dan Afrika (ASAF) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Lasro Simbolon, menyambut kedatangan para Pekerja Migran Indonesia di Pintu Keluar Kedatangan Internasional Bandara Kualanamu, Sumatera Utara.

Diketahui, para Pekerja Migran Indonesia yang tiba di tanah air pada Minggu (07/4/2024) tersebut, kembali dalam status cuti atau habis kontrak. Penyambutan ini menindaklanjuti arahan Kepala BP2MI agar memberikan penghargaan bagi Pekerja Migran Indonesia yang pulang di Hari Raya Idul Fitri 2024.

Sementara itu, Lasro menjelaskan terdapat tren menjadikan Bulan Ramadhan sebagai momentum para Pekerja Migran Indonesia kembali untuk melakukan silaturahmi dengan keluarganya. 

“Kalau di Sumut, paling besar itu dari Malaysia. Penyambutan ini atas arahan Bapak Benny, Kepala BP2MI. Memang ini bukan satu program yang didesain seperti diupacarakan Ini lebih spontan, surprise saja untuk mereka para pahlawan devisa kita,” ujarnya. 

Lasro menambahkan, pelayanan yang diberikan BP2MI dilakukan sejak 7 hari sebelum hingga 7 hari setelah libur lebaran.

“Kita telah menyiagakan petugas untuk bekerja selama 24 jam, masing-masing petugas diberikan foto, nama, nomor telepon, dan akan dikonsentrasikan pada pintu-pintu masuk Pekerja Migran Indonesia, baik bandar udara, pelabuhan laut, serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala BP3MI Sumut, Harold Hamonangan, menjelaskan arus Pekerja Migran Indonesia yang datang di Bandar Udara Kualanamu.

‘Terdapat sekitar 20 sampai 40 Pekerja Migran Indonesia yang datang setiap harinya selama arus mudik lebaran 2024,” tuturnya.

Turut menyambut kedatangan para  Penyambutan dilakukan dengan menyematkan ulos kepada belasan Pekerja Migran Indonesia dari Malaysia tersebut, sekaligus memberikan bingkisan untuk berbuka puasa. **(Humas/BP3MI Sumut)