Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Diduga Korban TPPO, UPT BP2MI Wilayah D.I. Yogyakarta Fasilitasi Kepulangan 3 CPMI ke Daerah Asal

-

00.10 26 October 2021 236

Diduga Korban TPPO, UPT BP2MI Wilayah D.I. Yogyakarta Fasilitasi Kepulangan 3 CPMI ke Daerah Asal

Yogyakarta, BP2MI (26/10) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah D.I. Yogyakarta memfasilitasi pemulangan 3 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) terkendala atas nama Anggita Indah Dwi Wardani (18), Umi Asliyah (33), dan Dwi Tri Mawati (20), di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (25/10/2021).

Berdasarkan informasi dari ketiga CPMI tersebut, pada mulanya mereka mendapatkan tawaran dari calo yang bernama Sri yang mendatangi rumah masing-masing CPMI, dan menawarkan pekerjaan ke Malaysia. Satu orang CPMI dijanjikan bekerja di klinik dokter, dan dua lainnya diiming-imingi bekerja di kedai dengan gaji 5 juta/bulan.

Terlena dengan bujuk rayu calo, ketiga CPMI tersebut berangkat dari daerah asal menuju D.I. Yogyakarta pada tanggal 20 September 2021. Lalu mereka melanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju Pekanbaru. Setelah tiba, mereka dijemput oleh calo dan diinapkan di salah satu hotel di Dumai, Riau.

Ketiga CPMI tersebut dilarang keluar dari hotel oleh calo. Setelah sehari semalam diinapkan dihotel tersebut, mereka merasakan kejanggalan, dan akhirnya kabur dari hotel menuju Pekanbaru menggunakan travel, menuju rumah salah satu keluarga CPMI yang berada di Pekanbaru.

Selanjutnya, ketiga CPMI tersebut melapor dan meminta perlindungan kepada Polda Pekanbaru. Oleh pihak Polda Pekanbaru, ketiga CPMI tersebut diserahkan ke kantor UPT BP2MI Wilayah Riau untuk dipulangkan ke daerah asal mereka di Jawa Tengah.

Petugas UPT BP2MI Wilayah D.I. Yogyakarta, Rike Vera Santi dan Puspo, bersama tim pelindungan, menyambut dan mendampingi ketiga CPMI tersebut, serta memfasilitasi kepulangan mereka.

CPMI Anggita Indah Dwi Wardani difasilitasi pemulangannya di Ds. Giyanten RT 02/06, Kel. Gesing, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung, Jawa Tengah. Sedangkan Umi Asliyah didampingi sampai ke Ds. Pioso, Kel. Gesing, Kec. Kandangan, Kab. Temanggung, Jawa Tengah. Sementara itu Dwi Tri Mawati didampingi ke daerah asalnya di Langgeng RT 01/09, Kel. Karang Luhur, Kec. Kertek, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

“Saya mengapresiasi UPT BP2MI Wilayah Riau yang telah memfasilitasi pemulangan 3 CPMI korban TPPO dari Pekanbaru sampai ke Yogyakarta. Saya berharap pelindungan terhadap PMI dapat terlaksana dengan baik dan semakin meningkat,” ungkap Kepala UPT BP2MI Wilayah D.I. Yogyakarta, Diah Andarini Widiastuti. * (Humas/UPT BP2MI Yogyakarta/Nila)