Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI ke Daerah Asal

-

00.10 25 October 2021 231

UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI ke Daerah Asal

Medan, BP2MI (25/10) - Unit Pelaksana Teknis 

Medan, BP2MI (25/10) - Unit Pelaksana  Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Wilayah Sumatera Utara memfasilitasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Ardiansyah yang tiba di Terminal Kargo Bandara Kualanamu Sumatera Utara, Minggu  (24/10/2021) pukul 13.45 WIB. 

Ardiansyah merupakan PMI yang bekerja di Malaysia dan dipulangkan karena sakit Gangguan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung akut dan sebelumnya telah menjalani perawatan di Shelter Pos Pelayanan Terpadu BP2MI Batam. 

Sesuai dengan arahan langsung Kepala BP2MI saat melakukan sidak ke Pos Pelayanan Terpadu BP2MI Batam, direncanakan Ardiansyah akan melanjutkan perawatan di rumah sakit agar segera bisa sembuh dan dapat berkumpul dengan keluarganya. Sesaat sebelum naik ke pesawat, kondisi PMI Ardiansyah lemah sehingga oleh petugas bandara diarahkan untuk melakukan pemeriksaan ke KKP Bandara. Namun sebelum melanjutkan perawatan intensif, PMI Ardiansyah telah menghembuskan nafas terakhirnya, Minggu (24/10/2021) pukul 09.10 WIB. Almarhum akhirnya dirujuk ke Rumah Jenazah RSBP Batam untuk dilakukan pemulasaraan jenazah sebelum dipulangkan dan dimakamkan ke Medan.

Kepada pihak keluarga PMI Ardiansyah, UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara juga memberikan santunan sebagai wujud turut merasakan dukacita yang dialami keluarga.

Sementara itu, Kepala UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara, Syahrum menyatakan, "UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara sebagai wakil BP2MI di daerah Sumatera Utara akan tetap berusaha melayani pemulangan jenazah PMI prosedural maupun nonprosedural sebagai wujud kehadiran Negara berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 khususnya dalam pemulangan PMI." ** (Humas/UPT BP2MI Wilayah Sumatera Utara/Nanda)