Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Dilepas Gubernur, 12 PMI Program G to G Jepang Asal Sumatera Barat Siap Bekerja di Jepang

-

00.08 14 August 2021 519

Dilepas Gubernur, 12 PMI Program G to G Jepang Asal Sumatera Barat Siap Bekerja di Jepang

Padang, BP2MI (13/8)- Sebanyak 10 (sepuluh) dari 12 (dua belas) Pekerja Migran Indonesia (PMI) program G to G Jepang Batch XIV mengikuti kegiatan Pelepasan Keberangkatan PMI Program G to G Jepang Batch XIV asal Provinsi Sumatera Barat Jumat pagi (13/8/2021). Dua orang tidak bisa hadir dikarenakan 1 (satu) orang sedang berada di Jakarta dan 1 (satu) orang lainnya dalam kondisi sakit. 

Pelepasan PMI Program G to G Jepang Batch XIV dilaksanakan di Istana Gubernur dan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Nazrizal, Direktur Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Kementerian Ketenagakerjaan RI yang sekaligus menjabat sebagai Plt. Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, Syamsi Harri, serta Kepala UPT BP2MI Padang, Bayu Aryadhi. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Kementrian Agama, BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Barat, Lembaga Kerapatan Adat dan Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumatera Barat, perwakilan kampus, serta orangtua PMI Progam G to G Jepang.

Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan dukungan sepenuhnya terhadap program pemerintah dan berharap ke depan agar Sumatera Barat memiliki perwakilan di negara lain selain Jepang. 

“Ini adalah pengiriman PMI pertama sejak pandemi. Akan terus kita dorong karena yang kita kirim adalah tenaga terampil, dan dilindungi oleh BP2MI,” kata Mahyeldi

Mahyeldi juga menyampaikan Sumatera Barat memiliki SDM yang tidak kalah dengan negara lain. Namun, yang masih menjadi kendala adalah penguasaan bahasa. Karena itu ia berharap penguasaan bahasa asing dapat menjadi perhatian dalam sistem pendidikan di Provinsi Sumatera Barat. 

Sementara itu Kepala UPT BP2MI Padang, Bayu Aryadhi, menyampaikan tahun ini terdapat peningkatan yang cukup signifikan angka kelulusan PMI Program G to G Jepang asal Sumatera Barat dibanding tahun sebelumnya.

“Angkanya memang belum terlalu tinggi, namun meningkat cukup signifikan dari tahun sebelumnya. Kami harap ke depannya, akan terus meningkat, jumlah PMI Program G to G Jepang asal Sumatera Barat yang lulus. UPT BP2MI Padang akan terus menyosialisasikan program ini ke perguruan tinggi bidang kesehatan di Sumatera Barat,” ucap Bayu

Bayu juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat atas pelaksanaan kegiatan pelepasan PMI G to G Jepang hari ini. Selain itu rasa terima kasih juga disampaikan kepada BLK Padang yang telah bekerja sama sejak tahun 2019 memberikan pelatihan bahasa Jepang gratis kepada lulusan keperawatan yang berminat mengikuti program G to G Jepang BP2MI dan berharap kerjasama akan terus berlanjut.

Penutup kegiatan, penyerahan cinderamata kepada PMI, berupa Al Qur'an dari Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat serta brosur pariwisata Sumatera Barat dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Selanjutnya, PMI program G to G Jepang ini akan berangkat ke Jakarta dengan dua kloter yang berbeda, dan bergabung dengan kandidat dari daerah lain guna mngikuti acara pelepasan oleh Kepala BP2MI di Jakarta. * (Humas/UPT BP2MI Padang/dm)