Thursday, 22 October 2020

Berita

Berita Utama

KJRI Johor Bahru Koordinasi dengan UPT BP2MI Pekanbaru Fasilitasi Pemakaman PMI di Malaysia

-

00.09 9 September 2020 161

Foto: ist.

Pekanbaru, BP2MI (9/9) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia berkoordinasi dengan UPT BP2MI Pekanbaru terkait fasilitasi penelusuran ahli waris Pekerja Migran Indonesia (PMI) atas nama Jumali guna menyelesaikan proses pemakaman. Akhirnya ahli waris yang diwakili oleh anaknya, Wahyudi, menyerahkan proses pemakaman dilakukan di Malaysia oleh agensi yang ditunjuk Pemerintah Malaysia, An.Naz Global, pada Selasa (8/9/2020).

"Sebelumnya diberitahukan bahwa menurut keterangan pihak kepolisian, setelah dilakukan autopsi terhadap penyebab kematian, maka dapat disimpulkan bahwa PMI a.n. Jumali yang meninggal di Johor, Malaysia, akibat gantung diri pada tanggal 11 Juli 2020," jelas Kepala UPT BP2MI Pekanbaru, Mangampin Simamora. 

Penemuan tersebut langsung dilaporkan oleh majikan kepada pihak Kepolisian Aloy untuk ditindaklanjuti. Selanjutnya pihak Kepolisian Aloy menyurati Konsulat Jenderal Republik Indonoesia (KJRI) Johor Bahru terkait penemuan PMI a.n Jumali yang saat itu jenazah sudah disimpan di kamar mayat sebuah rumah sakit di Pontian Johor, Malaysia.

Mendapat infomasi tersebut, KJRI Johor Bahru berkoordinasi dengan UPT BP2MI Pekanbaru untuk membantu penelusuran ahli waris almarhum yang berasal dari Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Hal ini langsung direspons oleh UPT BP2MI Pekanbaru dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kab. Indragiri Hilir, Provinsi Riau yang menghubungi Kepala Desa tempat asal PMI Jumali tinggal. Berdasarkan keterangan dari keluarga mantan istrinya, pihak pemerintah desa mengatakan bahwa bahwa PMI Jumali memang sudah lama bekerja di Malaysia dan sudah lebih dari sepuluh tahun tidak pulang, yang bersangkutan pun sudah bercerai dengan istrinya. Dari hasil pernikahannya memiliki satu anak yang bernama Wahyudi dan bekerja di Provinsi Jambi.

Untuk meminta surat keterangan ahli waris dan pengurusan jenazah yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Kembang Mekarsari Kec. Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Muhammad Ali, maka ahli waris yang diwakili oleh anaknya, Wahyudi, menyerahkan proses pemakaman untuk dilakukan di Malaysia.

Setelah disampaikan dokumentasi proses pemakaman PMI Jumali, Kepala Desa Kembang Mekarsari Kec. Keritang, Muhammad Ali, menyampaikan ucapan terima kasih atas pelaksanaan pemakaman warganya kepada UPT BP2MI Pekanbaru dan KJRI Johor Bahru. ** (Humas/UPT BP2MI Pekanbaru/RN)