Wednesday, 22 September 2021

Berita

Berita Utama

Kunjungi Kantor UPT BP2MI Sulawesi Selatan, Kepala BP2MI Kembali Tegaskan Pegang Teguh Ideologi Pancasila!

-

00.06 13 June 2021 618

Kunjungi Kantor UPT BP2MI Sulawesi Selatan, Kepala BP2MI Kembali Tegaskan Pegang Teguh Ideologi Pancasila!

Makassar, BP2MI (13/6) - Kepala BP2MI Benny Rhamdani, mengunjungi Kantor UPT BP2MI Sulawesi Selatan 
dalam rangkaian Sosialisasi Undang-Undang Nomor 18 tahun 2017 di Sulawesi Selatan, Minggu (13/6/2021). 

Kepala BP2MI menegaskan pentingnya para pegawai BP2MI memegang teguh satu-satunya ideologi di Indonesia, yakni ideologi Pancasila. Diungkapkan Benny bahwa seluruh pegawai BP2MI telah menandatangani pakta integritas terhadap ideologi Pancasila. 

"Saya ingin mengawali pembinaan pegawai ini dengan menyampaikan bahwa Pancasila harus kita pegang teguh, yang nilai-nilainya tidak perlu kita ragukan. Pancasila mengayomi seluruh rakyat Indonesia. Jadi siapa yang tidak ingin tunduk terhadap nilai-nilai Pancasila, silakan mengundurkan diri dari pegawai BP2MI," ungkap Kepala BP2MI di hadapan seluruh pegawai UPT BP2MI Sulawesi Selatan. 

Kepala BP2MI juga menjelaskan bahwa selain memegang teguh ideologi Pancasila, penting juga untuk memahami isi UU No.18/2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia, yang saat ini sedang disosialisasikan ke seluruh daerah di Indonesia. Penting pula untuk menyosialisasikan tentang BP2MI kepada masyarakat. 

"Sosialisasi tentang BP2MI perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui pekerjaan dan tanggung jawab yang diemban oleh BP2MI. Semakin banyak yang mengenal BP2MI, maka semakin banyak masyarakat yang datang ke kantor UPT BP2MI untuk mencari informasi yang benar dan prosedural mengenai cara bekerja ke luar negeri. Dengan begitu, kita dapat mengurangi penempatan nonprosedural PMI, sekaligus meningkatkan penempatan prosedural," jelas Benny. 

Sementara itu, Kepala UPT BP2MI Sulawesi Selatan, Agus Bustami, menyampaikan bahwa pegawai UPT BP2MI Sulawesi Selatan berjumlah 29 orang, terdiri dari 18 ASN dan 11 PPNPN. 

"Kantor UPT BP2MI Sulawesi Selatan telah berdiri sejak tahun 2008, dan saat ini memiliki pos pelayanan di Kota Pare-Pare, serta pos pelayanan pembantu di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat," ungkap Agus. 

Agus menuturkan bahwa selama tiga tahun terakhir, penempatan PMI melalui UPT BP2MI Sulawesi Selatan sebesar 2.613 orang yang seluruhnya bekerja di sektor formal, mulai dari bidang perkebunan kelapa sawit, industri, hingga pelaut. ** (Humas/UPT BP2MI Sulawesi Selatan/MIT)