Thursday, 9 July 2020

Berita

Berita Utama

LTSA Kabupaten/Kota di Provinsi NTB Siap Melaksanakan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) Tahun 2020

-

00.11 22 November 2019 1759

Rapat koordinasi rencana penyelenggaraan OPP yang diselenggarakan oleh BP3TKI Mataram bertempat di Aula Disnakertrans Prov. NTB.

Mataram, BNP2TKI, Jumat (21/11/2019)___Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) kabupaten/Kota di Provinsi NTB menyatakan siap melaksanakan Orientasi Pra Pemberangkatan (OPP) untuk tahun 2020. Kesiapan ini ditegaskan dalam kegiatan  rapat koordinasi rencana penyelenggaraan OPP yang diselenggarakan oleh BP3TKI Mataram bertempat di Aula Disnakertrans Prov. NTB.

Kadisnakertrans Prov. NTB, M. Agus Patria dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pelaksanaan OPP merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No. 9 Tahun 2019, pasal 18, ayat 1 yaitu OPP diselenggarakan di LTSA PMI/difasilitasi oleh Dinas Kabupaten/Kota, sehingga Disnaker di tingkat Provinsi maupun kabupaten/kota harus siap menyediakan fasilitas baik itu sarana penunjang pelaksanaan OPP seperti ruangan ataupun dari sumber daya manusianya, dalam hal ini instruktur yang kompeten.

Pelaksana tugas Kepala BP3TKI Mataram, Noerman Adhiguna dalam paparannya mengungkapkan bahwa BP3TKI Mataram telah mengevaluasi pelayanan di LTSA, khususnya pelaksanaan Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) atau sekarang disebut OPP. Selama ini pelaksanaan PAP/OPP telah berjalan dengan baik, namun dibutuhkan beberapa penyempurnaan seperti penambahan instruktur yang berasal dari LTSA setempat, sertifikasi instruktur, peningkatan pengetahuan instruktur terkait materi terutama untuk negara penempatan Asia Pasifik seperti Hongkong, Singapura, dan Brunei Darussalam untuk mengakomodir proses pelayanan penempatan PMI selesai di Provinsi NTB sebagaimana amanah peraturan Gubernur NTB Nomor 36 Tahun 2019, tentang Pelaksanaan Teknis Balai Latihan Kerja Luar Negeri Provinsi NTB. Pertemuan menghasilkan  kesepakatan target pelaksanaan OPP di masing-masing LTSA untuk tahun 2020 yang disesuaikan dengan kapasitas serta hasil evaluasi pelaksanaan PAP di tahun 2019.

Selain dihadiri oleh Disnakertrans Kabupaten/Kota di Provinsi NTB, kegiatan ini juga dihadiri oleh BPJS Ketenagakerjaan dan perwakilan Kantor Imigrasi kelas I Mataram. Dalam kesempatan ini BPJS Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa akan melaksanakan sosialisasi untuk meningkatkan pengetahuan instruktur OPP terkait manfaat BPJS Ketenagakerjaan. Disnakertrans Kabupaten/Kota dan BP3TKI Mataram menyambut baik atensi dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Provinsi NTB tersebut.**(Humas/ BP3TKI Mataram)