Monday, 15 April 2024

Berita

Berita Utama

Sebar Info Peluang Kerja ke Luar Negeri Secara Resmi, BP3MI Bali dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi di Buleleng dan Karangasem

-

00.02 4 February 2024 209

Sebar Info Peluang Kerja ke Luar Negeri Secara Resmi, BP3MI Bali dan Komisi IX DPR RI Gelar Sosialisasi di Buleleng dan Karangasem

Denpasar, BP2MI (4/2) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Bali dan Komisi IX DPR RI selenggarakan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migrasi Aman di Kabupaten Buleleng, Kamis (1/2/2024) dan Minggu (4/2/2024) juga di Kabupaten Karangasem, Jumat (2/2/2024).

Pada tanggal Kamis (1/2/2024) kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Desa Alasangker, Kabupaten Buleleng dengan narasumber Penyuluh Hukum BP3MI Bali, Haifa Chairunnisa. Pada Jumat (2/2/2024) diadakan di di Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem dengan narasumber Kepala BP3MI Bali, Anak Agung Gde Indra Hardiawan. Sedangkan pada Minggu (4/2/2024) dilaksanakan di Desa Lokapaksa, Kabupaten Buleleng. Ketiga kegiatan dihadiri pula oleh Anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana.

Disampaikan oleh I Ketut Kariyasa bahwa kegiatan ini dilakukan agar dapat memberikan edukasi, informasi serta pemahaman kepada masyarakat desa terkait peluang bekerja ke luar negeri dan bagaimana bekerja keluar negeri yang aman agar dapat terhindar dan mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Kegiatan sosialisasi diikuti dan dihadiri oleh perangkat desa, karang taruna serta masyarakat setempat.

I Ketur Kariyasa juga menyampaikan perlunya dilakukan sosialisasi terkait peluang kerja luar negeri dan migrasi aman kepada masyarakat desa, karena rata-rata masyarakat desa cukup banyak yang bekerja ke luar negeri.

“Sosialisasi mengenai peluang kerja luar negeri dan migrasi aman ini sangat penting dilaksanakan di desa, karena sering sekali karena terbatasnya informasi masuk ke desa, masyarakat desa sering tidak mengetahui mengenai skema bekerja ke luar negeri yang aman, sehingga rentan terhadap kasus penipuan maupun Tindak Pidana Perdagangan Orang," ucap Kariyasa.

Kepala BP3MI Bali, mengungkapkan rasa terima kasihnya pada seluruh pihak yang terlibat dalam kelancaran kegiatan.

"Kami berterima kasih pada seluruh perangkat desa, karang taruna dan masyarakat desa telah hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Kepada para Perangkat Desa yang hadir dalam kegiatan ini, saya berpesan agar informasi yang diperoleh dapat digunakan dengan baik agar masyarakat dapat terhindar dari Tindak Pidana Perdagangan Orang," tutup Agung. ** (Humas/BP3MI Bali)