Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri di Kupang, BP2MI Dorong Penempatan PMI Sektor Kesehatan dan Kelautan Perikanan

-

00.10 22 October 2021 314

Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri di Kupang, BP2MI Dorong Penempatan PMI Sektor Kesehatan dan Kelautan Perikanan.

Kupang, BP2MI (21/10) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) memberikan Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri untuk Mahasiswa Kesehatan dan Mahasiswa kelautan di Kota Kupang, Kamis (21/10).

Direktur Sistem dan Strategi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Eropa dan Timur Tengah, Sukarman mengatakan peluang kerja di luar negeri terbuka luas saat ini.

“Ada beberapa peluang kerja yang terbuka khususnya di sektor kesehatan dan kelautan perikanan seperti Korea, Jepang, Taiwan, dan yang terbaru adalah Jerman dengan skema G to G (Government to Government),” ujar Sukarman dihadapan 100 mahasiswa kesehatan dan kelautan perikanan dari empat Perguruan Tinggi di Kupang.

Sukarman menjelaskan, ini adalah kesempatan besar bagi kita, tidak hanya negara-negara di Asia tetapi saat ini sudah terbuka juga peluang kerja di negara Eropa, yang diharapkan dapat mempererat hubungan antara Indonesia dengan Eropa.

“Jerman adalah negara dengan ekonomi paling tinggi di Eropa. Rezim pelindungan bagi tenaga kerja termasuk yang paling baik dengan gaji yang tinggi pula. Apalagi Jerman termasuk dalam masyarakat terbuka dimana sekitar 40% pekerja di Jerman berasal dari luar Jerman baik luar Eropa maupun non Eropa,” jelasnya.

Untuk itu, Sukarman mendorong para mahasiswa untuk mengisi peluang kerja ke negara-negara tersebut, dan tidak berfokus hanya kepada negara Malaysia saja. Apalagi pendaftaran bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) perawat di Jerman saat ini masih terbuka hingga tanggal 26 Oktober 2021. 

“PMI dari Kupang selama ini lebih banyak penempatan di negara Malaysia, padahal peluang kerja itu terbuka luas, dengan negara dan jabatan yg bervariasi pula. Untuk itu ayo mendaftar, dan jadilah pioneer proses penempatan ini,” tutup Sukarman.** (Humas/SD)