Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Jakarta Turut Pantau Pemulangan 172 ABK MV Amsterdam

-

00.05 8 May 2020 1159

UPT BP2MI Jakarta Turut Pantau Pemulangan 172 ABK MV Amsterdam

Jakarta, BP2MI (8/5) – UPT BP2MI Jakarta turut memantau proses pemulangan 172 Anak Buah Kapal (ABK) MV Amsterdam di Dermaga JICT, Jakarta, Rabu (6/5/2020). 

Kepala UPT BP2MI Jakarta, Mocharom Ashadi menyampaikan bahwa BP2MI hadir untuk ikut memantau sebagai representasi Negara. "Kami hadir melayani para PMI ABK kita yang telah berjuang di luar negeri dengan bekerja untuk meningkatkan taraf hidup. Secara tidak langsung, mereka telah membantu Negara dalam mendapatkan pekerjaan, karena itu harus kita beri apresiasi dengan baik. Mereka adalah pejuang devisa yang membantu tidak hanya keluarganya, tapi juga Negara dalam hal memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak," jelas Mocharom.

Sebanyak 172 ABK yang terdiri dari 159 pria dan 13 wanita ini akan menjalani swab test di dermaga JICT Jakarta, tetapi hasil dari pemeriksaan tersebut baru akan diketahui 3 hari mendatang. Untuk itu, sambil menunggu hasil tersebut para ABK akan diisolasi secara mandiri di Hotel Mercure Batavia Jakarta. Nantinya bila ada di antara para ABK tersebut yang dinyatakan positif, maka akan dibawa ke Wisma Atlet, Kemayoran, sedangkan yang negatif akan tetap diisolasi di hotel selama 14 hari untuk kemudian dipulangkan ke daerah masing masing.

Para ABK MV Amsterdam ini berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, di antaranya Jakarta, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi.

UPT BP2MI DKI Jakarta telah melakukan pemantauan kepulangan ABK Kapal Pesiar sebanyak lima kali setelah sebelumnya kapal MV Artania, MV Carnival Splendor, MV Explorer Dream, dan yang terakhir ini MV Amsterdam. BP2MI sendiri diberi tugas untuk mendata dan melakukan pendampingan kepulangan para ABK Kapal tersebut sampai ke daerah asal untuk kemudian melakukan karantina mandiri sesampainya di daerah asal sesuai dengan susunan tugas organisasi giat pemulangan ABK PMI yang disusun oleh Kementerian Perhubungan.

Proses pemantauan ini dihadiri juga oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan), I Laksdya TNI Yudo Margono, Kepala Syahbandar Pelabuhan Tanjung Priok, pihak Keimigrasian, dan Bea Cukai. ** (Humas/UPT BP2MI Jakarta/RS)