Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Manado Kembali Fasilitasi Pemulangan PMI Terkendala ke Daerah Asal

-

00.09 15 September 2021 157

UPT BP2MI Manado Kembali Fasilitasi Pemulangan PMI Terkendala ke Daerah Asal

Manado, BP2MI (15/9) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Manado kembali memfasilitasi pemulangan tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) Terkendala ke daerah asal di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa pada hari Rabu (15/9/2021). Pemulangan dilakukan berdasarkan surat pengantar dari UPT BP2MI Serang, Banten nomor Tar.272/BP3TKI-16/P2K/IX/2021 tanggal 14 September 2021.

Kepala UPT BP2MI Manado, Hendra Makalalag, mengatakan, berdasarkan keterangan yang didapatkan dari para PMI, ketiganya merupakan Anak Buah Kapal (ABK) yang berangkat bekerja ke Somalia pada tahun 2019. “Tiga PMI ini bekerja dengan kontrak selama 1 tahun dan gaji sebesar $300 per bulan. Di tahun 2020, mereka pindah kapal namun masih di perusahaan yang sama. Gaji yang seharusnya mereka terima menjadi $450 per bulan. Namun perusahaan Indonesia yang menempatkan mereka hanya membayar $300 dan sisa gaji mereka belum dibayar sehingga mereka melaporkan keadaan yang dialaminya ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kenya dan meminta dipulangkan ke daerah asalnya di Indonesia,” jelas Hendra.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan bahwa ketiga PMI ini sudah dipulangkan oleh tim UPT BP2MI Manado. “Tim kami sudah memulangkan ketiga PMI ini hingga ke daerah asalnya di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa, serta sudah diterima dengan baik oleh keluarga yang bersangkutan, didampingi oleh pemerintah daerah setempat,” kata Hendra.

Menurut Hendra, fasilitasi pemulangan ini merupakan bentuk kehadiran negara untuk melindungi seluruh masyarakat dan juga bagian dari pelayanan BP2MI untuk melindungi PMI dan seluruh keluarganya. “Fasilitasi pemulangan PMI merupakan bentuk komitmen BP2MI untuk memberikan pelayanan VVIP kepada PMI dan keluarganya. Untuk itu, UPT BP2MI Manado akan melaksanakan tugas ini dengan semaksimal mungkin tanpa memandang waktu,” tutup Hendra. * (Humas/UPT BP2MI Manado)