Thursday, 7 July 2022

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah Sumbar Antisipasi Arus Mudik PMI

-

00.04 25 April 2022 290

UPT BP2MI Wilayah Sumbar Antisipasi Arus Mudik PMI

Padang, BP2MI (25/4) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Tim Satuan Tugas Sikat Sindikat Pekerja Migran Indonesia (PMI) Sumbar terkait antisipasi kepulangan PMI selama arus mudik lebaran, Senin, (25/04/2022). 

Pada tahun ini, diperkirakan akan terjadi peningkatan arus mudik dari Malaysia, karena Malaysia merupakan salah satu negara tujuan penempatan PMI asal Sumatera Barat.

Dengan telah dibukanya penerbangan internasional di Sumatera Barat, sehingga Kepala UPT BP2MI Wilayah Sumbar, Bayu Aryadhi mengharapkan adanya kerjasama dan dukungan seluruh stake holder untuk mengatisipasi jika terdapat lonjakan kepulangan PMI. 

“Dari hasil pemdataan tahun 2019 hingga tahun 2022 ini tercatat sebanyak 1.244 PMI yang telah berangkat bekerja ke Negara Jiran. Kami, UPT BP2MI belum bisa memastikan angka dari PMI yang akan mudik dan pulang ke Sumatera Barat selama Lebaran ini. Jalur penerbangan tidak hanya di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), namun juga dari Kualanamu, Hang Nadim dan lainnya,” ungkap Bayu di kantor UPT BP2MI Wilayah Sumbar, Jl Rasuna Said no. 91, Kota Padang.  

Bayu juga mengatakan bahwa UPT BP2MI beharap kepada tim agar siap sedia untuk dihubungi jika terdapat pemulangan PMI yang membutuhkan kehadiran Negara nantinya. 

Lebih lanjut, Bayu menegaskan persiapan untuk mengatisipasi Kepulangan PMI juga didukung oleh Kepolisian terutama Polsek Kawasan BIM. Posko untuk memantau arus mudik telah disiapkan dan jika terdapat kepulangan dari PMI yang memerlukan bantuan, maka tim dari Polsek Kawasan BIM siap membantu dan mengkoordinasikannya dengan UPT BP2MI Wilayah Sumbar. Selain itu, UPT pun telah membuat jadwal piket petugas yang siap sedia melayani kepulangan PMI asal Sumatera Barat pada masa arus mudik mulai dari H-3 hingga H+5 dari hari Idul Fitri. 

Selain itu, Bayu juga mengungkapkan penguatan koordinasi dari tim ini sangat dibutuhkan untuk memberikan pelindungan bagi PMI baik sebelum, selama dan setelah bekerja di luar negeri. 

"UPT BP2MI Wilayah Sumbar selama triwulan ini telah berhasil berkoordinasi dan membantu fasilitasi kepulangan jenazah sebanyak tiga orang. Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan dan koordinasi dari seluruh pihak dalam tim Sikat Sindikat ini, kita sudah membantu memfasilitasi kepulangan dari PMI. Namun, saya berharap koordinasi ini harus tetap dijaga dan ditingkatkan agar dapat lebih membantu PMI kita lebih baik dan sejahtera,” Tutupnya. **(humas/uptbp2miwilayah sumbar/dba/TDW)