Saturday, 27 April 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jabar Tuntaskan Permasalahan Kasus Kur Pmi Asal Bandung Barat

-

00.02 8 February 2023 836

BP3MI Jabar Tuntaskan Permasalahan Kasus Kur Pmi Asal Bandung Barat

Kab. Bandung Barat, BP2MI (08/02) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat (Jabar) menuntaskan penyelasaian kasus Pekerja Migran Indonesia (PMI) Muhammad Ikhsan di Desa Batujajar Barat, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (08/01/2023). PMI Ikhsan sebelumnya sudah difasilitasi mediasi dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) Sudinar Artha (SA) di Ruang Rapat Kantor BP3MI Jawa Barat pada kamis (26 /01/2023).

Sebelumnya TIM Pengaduan dan Penyelesaian Kasus (PPK) PMI, menerima aduan langsung dari keluarga PMI Ikhsan, keluarga PMI memohon untuk dibantu penyelesaian masalah terkait pengambilan dokumen milik PMI Ikhsan yang ditahan oleh Bank dikarenakan tunggakan cicilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) PMI yang tidak dibayarkan oleh oknum Agensi di Malaysia.

Disaat mediasi dengan P3MI SA, PMI Ikhsan meminta kepada P3MI untuk segera mengembalikan dokumen pribadinya yang sebelumnya dijadikan jaminan oleh pihak Bank sebagai syarat pinjaman KUR PMI. dikarenakan PMI Ikhsan sudah memenuhi semua kewajibannya berupa dipotongnya gaji bulanan oleh pihak agensi ditempat PMI Ikhsan Bekerja dengan jumlah yang telah disepakati bersama sebelum keberangkatan kerja ke Malaysia.

Diketahui bahwasannya oknum HRD agensi di Malaysia telah mengundurkan diri dari pekerjaannya sehingga menyulitkan pihak P3MI SA untuk berkomunikasi terkait cicilan KUR yang tidak dibayarkan selama beberapa bulan.

Direktur Utama P3MI SA, Andy Archaniawan menyatakan bahwa untuk pembayaran cicilan KUR PMI selama ini telah diserahkan sepenuhkan kepada pihak HRD Agensi di Malaysia. “Perusahaan kami tidak pernah ada masalah terkait cicilan KUR PMI sebelumnya, kami sudah berupaya untuk beberapa kali menghubungi pihak HRD di Malaysia, Miss Shafiny tapi tidak ada tanggapan” ujar Andi.

Hasil mediasi yang difasilatasi BP3MI Jabar menyatakan bahwa P3MI SA akan menyelesaikan permasalahan PMI dengan melunasi semua tunggakan cicilan berikut suku bunganya. Tim Penyelesaian Kasus segera mendampingi PMI membantu pengurusan dokumen persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak perbankan mulai dari kediaman PMI sampai ke Desa Batujajar Barat.

Sekertasis Desa Batujajar Barat, Heri Sunandar mengungkapkan rasa terima kasih kepada BP2MI dan BP3MI Jawa Barat karena telah membantu permasalahan warganya dengan tuntas dan penuh tanggung jawab.

Tim PPK PMI segera melanjutkan pendampingan PMI ke pihak Bank, untuk mempercepat penyelesaian permasalahan PMI Ikhsan Tim langsung berdiskusi dengan Unit Bank Leader, dokumen pribadi PMI Ihsan langsung segera dikembalikan saat itu juga.

“ Terimakasih kepada BP3MI Jabar yang telah menerima aduan dan memfasilitasi permasalahan terkait cicilan yang tidak sesuai atau tidak dituntaskan oleh pihak agensi di Malaysia, TIM BP3MI Jabar merespon laporan saya dengan cepat, humanis, dan penuh tanggung jawab“ ungkap Ikhsan dengan penuh kegembiraan. *. (Humas/BP3MI Jabar/RS)