Monday, 28 November 2022

Berita

Berita Utama

BP3MI Sultra Bantu Pemulangan Jenazah PMI Meninggal Dunia di Riyadh ke Daerah Asal

-

00.09 11 September 2022 239

BP3MI Sultra Bantu Pemulangan Jenazah PMI Meninggal Dunia di Riyadh ke Daerah Asal

Kendari, BP3MI (11/09) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Tenggara (Sultra) membantu pengurusan pemulangan Jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara, atas nama Sumiati, yang meninggal dunia di Rumah Sakit Aster Sanad Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/09/2022).

Berdasarkan surat dari KBRI Riyadh, Sumiati meninggal dunia pada tanggal 8 Agustus 2022 di Riyadh, Arab Saudi, akibat gagal jantung dan pernapasan. Pihak keluarga meminta agar jenazah dipulangkan ke daerah asal. 

Berdasarkan laporan tertulis, pihak keluarga tidak bisa melakukan penjemputan jenazah dan meminta kepada pemerintah agar difasilitasi pemulangan jenazah sampai ke daerah asal karena jarak dan keterbatasan biaya. 

Kemudian pada tanggal 31 Agustus 2022, BP3MI Sultra menerima surat dari BP3MI Banten perihal permohonan bantuan pemulangan Jenazah PMI sampai ke daerah asal.

Menindaklanjuti surat tersebut, BP3MI Sultra langsung berkoordinasi dengan Dinas UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Buton Utara terkait fasilitasi pemulangan jenazah tersebut. Hasilnya, fasilitasi pemulangan jenazah akan dibiayai oleh PT. Hasrat yang memberangkatkan almarhumah ke Arab Saudi.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, almarhumah berangkat bekerja ke Arab Saudi kurang lebih 3 bulan yang lalu melalui PT. Hasrat dan terindikasi berangkat secara nonprosedural. 

Jenazah dipulangkan dari Riyadh, Arab Saudi dan tiba di Bandar Udara Soekarno Hatta pada tanggal 09 September 2022. Pada tanggal 10 September 2022, jenazah di berangkatkan kembali dari Bandar Udara Soekarno Hatta menuju Bandar Udara Haluoleo Kendari dengan menggunakan meskapai Batik Air dan tiba pukul 13.00 Wita. 

Tim BP3MI Sultra melakukan penjemputan dan pengantaran Jenazah PMI Sumiati Bt Latungge dengan menggunakan mobil Ambulans melalui jalur darat dan laut selama kurang lebih 8 jam, hingga sampai di daerah asal almarhumah, di Desa Lambale, Kec. Kulisusu Barat, Kab. Buton Utara. Setibanya di daerah asal, Jenazah PMI disambut oleh pihak keluarga serta pemerintah daerah setempat. 

Pada kesempatan ini, Wakil Bupati Buton Utara, Ahali, menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada BP2MI melalui BP3MI Sultra yang telah mendampingi dalam pengurusan jenazah sampai ke daerah asal. 

"Kami berharap, kedepannya dapat terjalin sinergi antara BP2MI dengan Pemda Kab. Buton Utara dalam Pelindungan PMI", ucap Alhali.

Kepala BP3MI Sultra, La Ode Askar, melakukan serah terima jenazah kepada pihak keluarga yang turut disaksikan oleh Wakil Bupati Kab. Buton Utara, Asisten satu Pemda Kabuparen Buton Utara, Staf ahli Bupati Bidang Hukum, Kapolsek Kulisusu Barat, Kabag Pembangunan, Kabag Humas dan Protokol, Camat Kulisusu Barat, dan Kepala Desa Lambale, serta warga setempat. 

"Kami turut berduka cita atas meninggalnya PMI Sumiati Bt Latungge. Kami dari BP3MI Sultra, sebagai perwakilan pemerintah pusat yang ada di Sulawesi Tenggara, tugas kami adalah melakukan pelayanan terhadap PMI. Dan almarhumah ini sebagai PMI yang meninggal dunia di luar negeri, sehingga kami berkewajiban melakukan pengurusan dan pengantaran almarhumah sampai ke daerah asalnya," jelas La Ode. ** (Humas/BP3MI Sultra/MIF)