Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

BP3MI Sumsel Siap Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi

-

00.10 14 October 2022 363

BP3MI Sumsel Siap Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi

Palembang, BP2MI (14/10) – Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sumatera Selatan (Sumsel) telah mengikuti desk evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam forum yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Kamis (13/10) secara virtual, Kepala BP3MI Sumsel, Sri Haryanti menjelaskan bahwa pembangunan Zona Integritas akan bermanfaat bagi masyarakat.

“Alhamdulillah giat desk evaluasi berjalan lancar. Kami telah memaparkan apa saja yang telah kami lakukan dalam pembangunan Zona Integritas ini. Pembangunan Zona Integritas di BP3MI Sumatera Selatan akan sangat berguna untuk masyarakat,” ujar Sri.

Forum desk evaluasi ini berlangsung selama 90 menit, yang terdiri dari 20 menit paparan Kepala BP3MI Sumsel, serta 70 menit diskusi dengan Tim Penilai dari Kemenpan RB. Dalam paparannya, Sri menjelaskan enam area perubahan yang dilakukan, yakni area manajemen perubahan, penataan tata laksana, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Turut ditampilkan juga keadaan sebelum pembangunan Zona Integritas dan sesudah pembangunan Zona Integritas, seperti telah dilakukannya public campaign pembangunan Zona Integritas melalui media sosial, spanduk, banner, brosur yang diberikan pada stakeholder.

Selanjutnya, dijelaskan layanan inovasi yang ada di BP3MI Sumsel, yakni Sarana informasi, Pengaduan, dan Komunikasi Elektronik Pekerja Migran Indonesia (Songket PMI), dan Rabu Serba Serbi Urusan Pekerja Migran Indonesia (Rabu Seru PMI). Inovasi yang digagas oleh Agen Perubahan ini berdampak pada meningkatnya angka penempatan PMI terampil dan menurunkan jumlah pengaduan kasus.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai BP3MI Sumsel yang telah melaksanakan pembangunan ZI, dan juga terima kasih kepada Tim BP2MI pusat yang telah mendukung kami. Pembangunan Zona Integritas ini akan terus kami lakukan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” tutup Sri.

Hadir dalam desk evaluasi Tim Penilai dari Kemenpan RB, Tim Penilai Internal BP3MI, Kepala BP3MI Sumsel, dan seluruh anggota pembangunan Zona Integritas di BP3MI Sumsel. **(Humas/BP3MI Sumsel)