Thursday, 23 May 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Yogyakarta Dampingi Pemulangan PMI Sakit Asal Sleman Hingga Daerah Asal

-

00.01 10 January 2023 796

BP3MI Yogyakarta Dampingi Pemulangan PMI Sakit Asal Sleman Hingga Daerah Asal

Yogyakarta, BP2MI (10/1) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Yogyakarta melakukan pendampingan pada proses pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sakit yang tiba di Bandara Internasional Yogyakarta dari Malaysia pada Selasa (10/1/2023).

PMI atas nama Daswati (60) merupakan PMI yang bekerja di Malaysia sejak tahun 2016. Daswati sebelumnya juga pernah bekerja di Singapura selama sepuluh tahun dan di Saudi Arabia selama sepuluh tahun sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT). Terakhir, Daswati bekerja secara non-prosedural di Malaysia selama tujuh tahun sebagai pengasuh orang lansia.

Pada bulan September 2022, Daswati terpleset di kamar mandi ketika bekerja hingga tidak bisa berjalan. Ia kemudian dirawat di rumah sakit selama sekitar satu bulan. Mengingat kondisi kesehatannya semakin menurun dan tidak sanggup untuk bekerja Kembali, Daswati tinggal dan dirawat oleh agensi selama sekitar satu bulan hingga akhirnya memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan melanjutkan pengobatan.

Tim Pelindungan BP3MI Yogyakarta selanjutnya melakukan pendampingan hingga ke daerah asal Daswati di Kampung Jongke Lor, Sleman, Yogyakarta. BP3MI Yogyakarta menyerahkan kepada pihak keluarga. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada BP3MI Yogyakarta yang telah mendampingi pemulangan sampai ke rumah dengan selamat,” ujar Mulyono, adik kandung dari Daswati.

Kepala BP3MI Yogyakarta, Diah Andarini Widiastuti, menyampaikan, pelindungan terhadap PMI dilaksanakan secara menyeluruh, tidak hanya kepada PMI procedural, tapi juga yang non-prosedural. “Ini adalah perwujudan negara hadir bagi para PMI,” jelas Diah. * (Humas/BP3MI Yogyakarta/NL/CLN)