Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Fasilitasi Pemulangan PMI Terkendala Asal Buton Tengah, UPT BP2MI Kendari Ingatkan Cara Penempatan Prosedural

-

00.09 29 September 2021 351

Fasilitasi Pemulangan PMI Terkendala Asal Buton Tengah, UPT BP2MI Kendari Ingatkan Cara Penempatan Prosedural

Kendari, BP2MI (29/9) - Unit Pelaksana Teknis  Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali memfasilitasi pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Terkendala sampai ke daerah asal, Selasa (28/9/2021). PMI bernama La Dulu berasal dari Desa Lolibu, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, Sultra. 

PMI La Dulu dipulangkan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Kendari menggunakan maskapai Citilink dan tiba di Bandara Haluoleo, Sulawesi Tenggara pukul 15.00 WITA. Dijemput langsung oleh Petugas Pengantar Kerja UPT BP2MI Kendari, Rusli, beserta staf. Sebelumnya PMI La Dulu sudah dikarantina  selama delapan hari di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta Selatan. Pada hari Selasa, 28 September 2021 PMI 

Rusli  menyampaikan arahan kepada PMI terkendala tersebut untuk berangkat bekerja ke luar negeri secara prosedural agar mendapat perlindungan dari pemerintah RI.

“Minta tolong disampaikan juga kepada keluarga dan masyarakat jika ingin mencari informasi kerja keluar negeri, silakan kunjungi dinas tenaga kerja kabupaten atau kota di daerah masing-masing atau bisa juga langsung ke kantor UPT BP2MI Kendari,” ungkap Rusli.

Berdasarkan keterangan dari PMI La Dulu, Ia mulai bekerja ke Malaysia sejak tahun 2019 melalui jalur laut dari Bau-Bau ke Tanjung Pinang karena ajakan teman satu kampung yang sudah bekerja di Malaysia lebih dulu. Di Malaysia  PMI La Dulu bekerja sebagai buruh bangunan selama kurang lebih enam bulan karena dokumen tidak lengkap. Ia akhirnya ditangkap pihak imigrasi Malaysia dan masuk penjara tujuh bulan sebelum dipulangkan ke Indonesia. 

UPT BP2MI Kendari memperoleh informasi pemulangan  PMI tersebut melalui surat yang dikirimkan oleh Koordinator P2KTKI Bandara Soetta Nomor Tar.299/BP2TKI-16/P2K/IX/2021 tanggal 28 September 2021 tentang pemulangan PMI Terkendala asal Kendari.

Sementara itu, PMI La Dulu menyampaikan rasa terima kasih kepada Kepala BP2MI dan Kepala UPT BP2MI Kendari yang telah memfasilitasi kepulangannya secara gratis sampai ke daerah asal. * (Humas/UPT BP2MI Kendari)