Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Kepala UPT BP2MI Nunukan Jelaskan Penanganan PMI dalam Kunjungan Kerja di Kantor Bupati Nunukan

-

00.09 29 September 2021 156

Kepala UPT BP2MI Nunukan Jelaskan Penanganan PMI dalam Kunjungan Kerja di Kantor Bupati Nunukan

Nunukan, BP2MI (29/9) - Kepala Unit Pelaksana  Teknis Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Nunukan, AKBP F. Jaya Ginting, mengikuti kunjungan kerja Deputi Pembangunan Manusia & Kebudayaan (PMK) terkait Pekerja Migran Indonesia Terkendala di Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan di Kantor Bupati Nunukan, Selasa (28/9/2021).

Di hadapan Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid, dan stakeholders lainnya, Kepala UPT BP2MI Nunukan menjelaskan tentang penanganan para PMI yang dilakukan selama ini.

"Terkait penanganan yang dilakukan oleh UPT BP2MI Nunukan terhadap PMI, mulai dari Tawau, Malaysia, hingga tiba di Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan. Yang terakhir, kami juga menerima PMI deportasi maupun PMI terkendala kurang lebih sebanyak 600 PMI yang akan dipulangkan dari Malaysia melalui Pelabuhan Tunon Taka," ungkap Jaya Ginting.

Setelah dari Kantor Bupati, Bupati Nunukan menyempatkan untuk melihat langsung  ke tempat karantina para PMI Deportasi yang berada di Rusunawa Nunukan didampingi oleh Kepala UPT BP2MI Nunukan, Sekda dan stakeholder lainnya. Selanjutnya Bupati Nunukan juga meninjau ke Pelabuhan Tunon Taka, tempat para PMI dipulangkan dari Tawau, Malaysia, dan menyempatkan mampir ke Kantor UPT BP2MI Nunukan.

Terkait kepulangan para PMI dari Tawau, Deputi PMK, Femmy Eka Kartika Putri, menyampaikan harapan semoga para PMI yang dipulangkan tetap sehat sampai di Indonesia, baik secara fisik maupun secara mental. Dalam kunjungan kerja ini, Femmy juga meminta untuk mensosialisasikan kepada PMI  agar pulang melalui jalur resmi, sehingga Covid-19 di Nunukan bisa diminimalisir.

Turut hadir dalam rapat bersama adalah Sekda Nunukan, Serfianus; Kepala Imigrasi Kelas II Nunukan, Washington Saut Dompak; Disnakertrans Nunukan, M. Munir; Dandim 0911 Nunukan, Letkol Czi Eko Purindriyanto; BPBD Nunukan, Hasam; Dinas Sosial Kab. Nunukan, Ibrani; Sub Koordinasi Kepegawaian, Asriansyah; Sub Koordinasi Perlindungan & Pemberdayaan, Arbain; Sub Koordinasi Penempatan Wina; perwakilan Kemnaker, Teguh Bachtiar; perwakilan KKP kelas II Tarakan, Dr. Baharullah; dan perwakilan KKP Kelas II Kupang, Putu Alit Sudarma. ** (Humas/UPT BP2MI Nunukan)