Sunday, 24 January 2021

Berita

Berita Utama

Secara Virtual, 100 CPMI Asal Bali Ikuti Edukasi Keuangan

-

00.12 4 December 2020 136

Secara Virtual, 100 CPMI Asal Bali Ikuti Edukasi Keuangan

Denpasar, BP2MI (4/12) - Sebanyak 100 calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Bali mengikuti edukasi literasi keuangan secara Virtual. Kegiatan tersebut dirangkai dalam  memeriahkan Migrant Day BP2MI 2020 di Dyandra Convention Center, Surabaya, Kamis (3/12/2020).

Tidak hanya dihadiri oleh para CPMI yang berdomisili di Jawa, 100 CPMI asal Bali juga mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

Kepala UPT BP2MI Denpasar, Wiam Satriawan mengatakan, para peserta merupakan CPMI yang didominasi oleh calon pelaut kapal pesiar dari PT Bali Paradise Citra Dewata serta PT Timuraya Jaya Lestari cabang Bali.

Kegiatan tersebut menggandeng Bank BNI, BPJS Ketenagakerjaan, OJK, serta PT. Pegadaian (Persero) tersebut, seluruh peserta diberikan materi mengenai pengelolaan keuangan yang baik.

Wiam menambahkan, tujuan edukasi ini agar penghasilan yang diperoleh dari bekerja di luar negeri tidak terbuang dengan percuma. Selain itu, seluruh peserta juga diingatkan agar tidak terlibat dengan investasi-investasi yang tidak mereka pahami dan belum terdaftar di lembaga yang berwenang. 

Menurut Wiam, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, ada banyak pihak-pihak yang membuka investasi bodong. Tidak hanya memperoleh materi, peserta juga memperoleh tabungan emas dari PT. Pegadaian (Persero) untuk menambah semangat menabung dan berinvestasi aman bagi para peserta.
 
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon PMI. Sekalipun ada kendala jarak, teknologi virtual telah membuat CPMI asal Bali dapat berpartisipasi dan ikut menimba ilmu yang diberikan dalam kegiatan. Harapannya, ke depannya semua yang mengikuti kegiatan dapat memiliki kemampuan money management yang lebih baik serta dapat berinvestasi untuk mempersiapkan masa depan,” ungkapnya. ** (Humas/UPT BP2MI Denpasar)