Monday, 15 April 2024

Berita

Berita Utama

Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang Level N5 Dibuka Kembali oleh BP3MI Sumatera Barat dan BPVP Padang

-

00.01 10 January 2024 200

Seleksi Pelatihan Bahasa Jepang Level N5 Dibuka Kembali oleh BP3MI Sumatera Barat dan BPVP Padang

Padang, BP2MI (10/1) – Mengawali tahun 2024, Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Sumatera Barat (BP3MI Sumbar), bersama Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kota Padang, menyelenggarakan Seleksi Peserta Pelatihan Bahasa Jepang Level N5, di Gedung BPVP Padang, Senin (8/1/2024).

Kepala BP3MI Sumbar, Bayu Aryadhi menjelaskan bahwa, proses seleksi peserta pelatihan Bahasa Jepang diawali dengan pengumuman yang dilakukan oleh BP3MI Sumbar dan BPVP Padang di berbagai media, salah satunya pada media sosial.

“Para pelamar dapat mendaftar di aplikasi SIAPKERJA mulai dari tanggal 29 Desember 2023, sampai dengan 7 Januari 2024. Selanjutnya, ketika pelamar akan mengikuti proses seleksi, pelamar dapat membawa bukti cetak pendaftaran,” ungkapnya.

Bayu menyatakan  bahwa seleksi terhadap pelamar dilakukan oleh instruktur serta pengajar dari tim Pengantar Kerja Ahli Muda BP3MI Sumbar dan BPVP Padang.

“Para pelamar berasal dari Sumatera Barat dan sekitarnya melakukan seleksi secara tatap muka dengan metode wawancara. Proses seleksi juga dilakukan secara online dengan video call,” jelasnya.

Namun Bayu menyayangkan dari 57 orang pelamar yang tercatat di sistem, hanya separuhnya yang mengikuti proses seleksi. Padahal menurutnya, pelatihan Bahasa Jepang Level N5 yang akan dimulai pada tanggal 15 Januari 2024 kelak, dimaksudkan untuk mengawali proses pendaftaran Program Government to Government (G to G) Jepang, pada posisi nurse (perawat) dan careworker (perawat lansia).

“Pada proses seleksi inilah, para panitia menilai keseriusan peserta mengikuti pelatihan bahasa Jepang. Orientasi ke depan adalah untuk mengikuti G to G ke Jepang. Diharapkan kepada para pelamar yang lulus pada tahap seleksi, dapat mengikuti pelatihan bahasa Jepang dengan sebaik-baiknya,” pungkas Bayu. (Humas/BP3MI Sumatera Barat)

Sebelumnya

demo pusdatin