Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri, Kepala BP3MI Banten: Perlu Siapkan Mental, Kemampuan, dan Fisik yang Kuat

-

00.09 21 September 2022 580

Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri, Kepala BP3MI Banten: Perlu Siapkan Mental, Kemampuan, dan Fisik yang Kuat

Serang, BP2MI (21/9) - Balai Pelayanan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten, melakukan Sosialisasi Peluang Kerja ke Luar Negeri, di Grand Amelia Centre Cibiuk Restaurant, Serang, Banten, Selasa (20/9/2022). Sosialisasi ini dilaksanakan dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Persiapan Memasuki Dunia Kerja Angkatan ke-2, yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Pelayanan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Banten, Dharma Saputra, memaparkan tentang informasi peluang kerja luar negeri serta skema penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke luar negeri secara prosedural. Putra juga turut menekankan pentingnya mempersiapkan mental, kemampuan (skill), dan fisik yang kuat saat memasuki dunia kerja.

“Dalam dunia kerja, akan banyak tantangan dan masalah yang akan kita temui. Hal itu harus menjadi perhatian kita bersama, apalagi jika teman-teman ingin bekerja ke luar negeri. Teman-teman diharapkan persiapkan segalanya dengan matang. Proses penempatan kerja juga harus secara prosedural agar ketika sudah berada dan bekerja di luar negeri, kita merasa tenang dan aman,” jelas Putra.

Lanjut dalam paparannya, Putra mengingatkan bahwa selain mental, skill, dan fisik, perlu juga waspada dalam melihat lowongan kerja ke luar negeri.

“Penting bagi teman-teman tetap berhati-hati, agar tidak terjebak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab selama proses mencari pekerjaan, terlebih dengan bujukan gaji yang tinggi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Disnakertrans Kota Serang, Sumiarsih, serta diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari pencari kerja alumni SMK, D-III, dan S1 di wilayah Kota Serang. ** (Humas/BP3MI Banten/Ulva)