Friday, 12 August 2022

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Wilayah Jabar Fasilitasi Pemberkasan Dokumen dan MCU CPMI G to G Korsel

-

00.06 11 June 2022 338

UPT BP2MI Wilayah Jabar Fasilitasi Pemberkasan Dokumen dan MCU CPMI G to G Korsel

Cirebon, BP2MI (11/6) – Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) BP2MI Wilayah Jawa Barat, kembali menyelenggarakan kegiatan pemberkasan dokumen dan Medical Check Up (MCU) II bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Program Government to Government (G to G) Korea Selatan, pada Kamis (9/6/2022).

Kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di beberapa daerah, yakni Banten, Jawa Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Pelaksanaan pemberkasan dan MCU di Jawa Barat berlangsung di RS Mitra Plumbon Cirebon, dan RS Pelabuhan Cirebon.

Agenda MCU dimulai dengan arahan oleh petugas Pos Pelayanan BP2MI Cirebon. Bersama dengan Layanan Terpadu Satu Atap (LTSA) Cirebon, mereka memastikan CPMI mengisi formulir tes tuberkulosis (TB) dengan benar. Setelah semua persyaratan dokumen tersebut lengkap, akan dikirimkan ke pihak pengguna tenaga kerja (user) di Korea Selatan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan proses pemberkasan dokumen, di mana petugas kembali memberikan instruksi pengisian beberapa dokumen, seperti formulir karantina dan formulir pengajuan visa. Dari total 216 peserta yang diundang, yang hadir sebanyak 199 CPMI.

Kepala UPT BP2MI Wilayah Jawa Barat, Kombes Pol. Erwin Rachmat, menugaskan Petugas Pos Pelayanan BP2MI Cirebon, LTSA Cirebon, dan LTSA Indramayu untuk mengawal proses pemberkasan, memastikan dokumen yang terkumpul dapat dicatat kelengkapannya.

“Setelah pemberkasan dokumen dilakukan, proses re-check dan final check dilakukan untuk mengecek dokumen yang belum tercatat. Jika ada dokumen yang kurang, CPMI diarahkan untuk segera mengirimkan kekurangan dokumen ke kantor BP2MI Pusat agar proses pengajuan visa kerja bisa dilakukan. Ada pun kegiatan pemberkasan dan MCU hari ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala,” pungkasnya. * (Humas/UPT BP2MI Wilayah Jawa Barat/HR/MN/KN)