Tuesday, 23 July 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung Perkuat Kolaborasi

-

00.06 7 June 2023 782

BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung Perkuat Kolaborasi

Bandung, BP2MI (7/6) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Jawa Barat dan Kementerian Hukum dan HAM memperkuat kolaborasi dan sinergi pelayanan Pekerja Migran Indonesia di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung. Sebagai salah satu Kantor Imigrasi yang berada pada pusat wilayah ibu kota provinsi Jawa Barat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung memegang peran penting dalam pelaksanaan pelayanan dan pengawasan Keimigrasian di wilayah Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang. 

Dalam pertemuan, BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung menyepakati beberapa langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan passport Pekerja Migran Indonesia. Salah satu aspek yang menjadi fokus utama adalah pertukaran informasi yang lebih efektif terkait kebijakan, prosedur, dan regulasi.

Kepala BP3MI Jawa Barat, Kombes. Pol. Mulia Nugraha mengungkapkan pentingnya sinergi yang erat antara kedua lembaga tersebut. "Dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada Pekerja Migran Indonesia, kolaborasi yang kuat antara BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung sangatlah penting. Kami harus selalu mengikuti aturan yang berlaku dan memberikan perlindungan yang maksimal kepada Pekerja Migran Indonesia," ujarnya.

Salah satu langkah yang akan diambil adalah pelatihan dan penyuluhan bersama untuk petugas yang bertugas dalam pelayanan passport Pekerja Migran Indonesia. Pelatihan ini akan membahas prosedur aplikasi passport, keamanan dokumen, serta perlindungan dan hak-hak Pekerja Migran Indonesia. Dengan pemahaman yang mendalam, petugas di kedua lembaga tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada Pekerja Migran Indonesia.

Dalam rangka memastikan bahwa pelayanan passport Pekerja Migran Indonesia tetap sesuai dengan aturan yang berlaku, BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung akan melakukan audit dan evaluasi secara rutin. Hal ini bertujuan untuk memantau prosedur dan standar pelayanan, serta memberikan perlindungan yang maksimal kepada Pekerja Migran Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, Arief Hazirin Satoto, menyambut baik kolaborasi ini. "Kami sangat mendukung upaya BP3MI Jawa Barat dalam meningkatkan pelayanan passport Pekerja Migran Indonesia. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat memberikan perlindungan dan pelayanan yang lebih baik kepada Pekerja Migran Indonesia," ujarnya.

Dengan adanya kolaborasi dan sinergi yang kuat antara BP3MI Jawa Barat dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandung, diharapkan pelayanan passport Pekerja Migran Indonesia akan semakin efektif dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Langkah-langkah konkret yang akan diambil ini akan memberikan manfaat besar bagi Pekerja Migran Indonesia yang membutuhkan paspor untuk bekerja di luar negeri. **(Humas/BP3MI Jawa Barat)