Friday, 20 September 2024

Berita

Berita Utama

BP3MI Nusa Tenggara Timur Tingkatkan Kompetensi Seluruh Pegawai untuk Pelayanan Prima

-

00.08 1 August 2024 634

BP3MI Nusa Tenggara Timur Tingkatkan Kompetensi Seluruh Pegawai untuk Pelayanan Prima

Kupang, BP2MI (1/8) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan kegiatan peningkatan kompetensi pegawai melalui pelatihan public speaking, penulisan media, service excellence, dan bimbingan penyuluh jabatan peluang kerja ke luar negeri.

Kegiatan ini dilangsungkan di aula kantor BP3MI NTT pada Kamis (1/8/2024) dan diikuti oleh seluruh pegawai di BP3MI NTT, Pos Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (P4MI) Sumba Barat Daya, dan P4MI Maumere.

Kegiatan peningkatan kapasitas pegawai ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri pegawai, meningkatkan kemampuan penyampaian informasi ke masyarakat, serta meningkatkan motivasi, kinerja, dan kerja sama antar pegawai serta untuk mewujudkan program kerja yang telah ditetapkan.

Rangkaian acara dimulai dengan pelatihan tentang public speaking yang dibawakan oleh Vibi Radamuri yang sudah lama berkecimpung sebagai instruktur public speaking di NTT, khususnya di Kota Kupang. Materi yang disampaikan terkait bagaimana membangun rasa percaya diri saat tampil di depan umum, bagaimana cara bersikap dan berperilaku yang baik, teknik penyampaian materi, serta tips menghadapi rasa takut dan gugup saat berhadapan dengan audience.

Selanjutnya, para pegawai juga diajak untuk mengenal teknik penulisan berita oleh para wartawan senior Tempo. Pada kesempatan ini, peserta dibekali dengan materi teknik penulisan berita, jenis-jenis berita, cara membuat judul agar terlihat menarik, cara menulis berita, serta peserta diajak untuk membuat berita bersama dengan topik yang ditentukan.

Penyuluh Hukum Ahli Muda BP3MI NTT, Winda Berkatin Medfin Bolla, mengatakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan tepat sasaran. Kami sebagai salah satu lembaga yang tugasnya bukan hanya di belakang meja, tapi selalu berhadapan langsung dengan masyarakat di lapangan, perlu memiliki kemampuan untuk berinteraksi maupun menyampaikan informasi secara baik dan benar dengan lugas dan tepat, tapi tetap terlihat ramah dan santun.”

Sesi selanjutnya diisi oleh Kepala Cabang Tuak Daun Merah Bank Mandiri, Ida Bagus Eka, yang membawakan materi tentang pelayanan prima kepada konsumen yang dilanjutkan dengan bimbingan penyuluh jabatan peluang kerja ke luar negeri oleh Pengantar Kerja Ahli Madya BP3MI NTT, Muhammad Geo Amang.

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala BP3MI NTT, Suratmi Hamida. Ia berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjadi pemantik semangat pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat, khususnya Pekerja Migran Indonesia.

“Peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) ini diisi oleh para instruktur berpengalaman dibidangnya, sehingga inti dari setiap materi yang dibagikan dapat terserap dengan baik oleh para peserta dan yang paling utama teknik dan fokus materinya tepat,” ungkap Suratmi. * (Humas/BP3MI NTT/CLN)