Monday, 28 November 2022

Berita

Berita Utama

Kepala BP3MI DIY Hadiri Serah Terima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah Repatriasi dari Sabah

-

00.09 6 September 2022 220

Kepala BP3MI DIY Hadiri Serah Terima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah Repatriasi dari Sabah

Yogyakarta, BP2MI (6/9) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menghadiri serah terima peserta didik penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Repatriasi dari Sabah. 

Serah terima tersebut dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi DIY, kepada pihak sekolah SMK dan SMA pemberi beasiswa, di Hotel Livin Yogyakarta, Selasa (6/9).

Sebanyak 31 anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Sabah yang difasilitasi oleh Yayasan Sabah Bridge, telah melalui seleksi yang cukup ketat untuk mendapatkan beasiswa dari berbagai Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. 

Perwakilan Disdikpora DIY, Basuki, mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyerahkan para peserta didik penerima beasiswa kepada sekolah-sekolah yang telah memberikan beasiswa.

“Untuk provinsi DIY pada tahun 2022 ini, ada 14 SMA dan SMK yang bekerja sama dengan Sabah Bridge, untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak PMI dari Malaysia,” ungkap Basuki dalam sambutannya. 

Selanjutnya, Kepala BP3MI DIY, Diah Andarini pada kesempatan tersebut berpesan kepada anak-anak PMI penerima beasiswa, untuk selalu semangat belajar dan mencapai cita-cita agar dapat menaikkan taraf hidup dan ekonomi keluarga. 

"Pesan saya, jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Tetap semangat belajar, untuk mencapai cita-cita dan pendidikan tertinggi. Buat bangga orang tua kalian. Masa depan anda, dan keluarga serta bangsa dan negara ini berada di pundak kalian semua," tutur Diah.

Diektahui pada tahun 2022 ini, jumlah siswa yang lolos seleksi beasiswa melalui Sabah Bridge terdapat 1500 orang. Namun kuota yang tersedia hanya untuk 300 orang yang dapat bersekolah melalui program beasiswa tersebut. 

Dua hari sebelumnya, para peserta penerima beasiswa turut mendapatkan pelatihan dan pendidikan awal Bela Negara di SMA Angkasa Adisucipto. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk out bond class, serta study tour ke beberapa tempat di DIY, seperti Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta, Museum Dirgantara Adisucipto, untuk melihat langsung tempat-tempat bersejarah di Yogyakarta. 

Selanjutnya kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan siswa kepada pihak sekolah pemberi beasiswa. **(Humas/BP3MI DIY/NL)