Wednesday, 27 October 2021

Berita

Berita Utama

Ratusan CPMI asal Lampung Jalani Vaksinasi di Kantor UPT BP2MI Bandar Lampung

-

00.08 5 August 2021 601

Ratusan CPMI asal Lampung Jalani Vaksinasi di Kantor UPT BP2MI Bandar Lampung

Bandar Lampung, BP2MI (5/8) - Ratusan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) asal Lampung jalani vaksinasi di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Bandar Lampung yang bekerja sama dengan Politeknis Kesehatan (Poltekkes) Tanjung Karang, Lampung. Sebanyak 116 orang CPMI yang akan berangkat ke negara tujuan penempatan mayoritas Korea Selatan dan Jepang melalui skema Government To Government (G To G) tersebut berjumlah 35 orang.

Sementara itu, sisanya terdapat pula CPMI skema Private To Private (P To P) dengan negara tujuan penempatan Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan lainnya serta CPMI Untuk Kepentingan Perusahaan Sendiri (UKPS) tujuan negara penempatan Ghana.

Kepala UPT BP2MI Bandar Lampung, Ahmad Salabi, mengungkapkan bahwa kegiatan vaksinasi yang dilakukan sesuai dengan arahan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, yang menghendaki pihaknya harus memfasilitasi vaksin untuk CPMI. Berdasarkan instruksi dari Kepala BP2MI tersebut, lanjutnya, UPT BP2MI Bandar Lampung menindaklanjuti dengan menghubungi Politekkes Tanjung Karang. "Respon dari Poltekkes sangat baik, langsung setuju untuk gelaran vaksin dilakukan kepada CPMI," ujar Salabi.

Sebelumnya sudah terdapat 20 orang CPMI yang telah menjalani vaksin yang digelar di Poltekkes Tanjung Karang dan 73 orang CPMI di Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Sehingga secara akumulatif dan bertahap terdapat sebanyak 209 orang CPMI Lampung yang telah menjalani vaksinasi COVID-19.

CPMI di Lampung merasa terbantu dengan adanya vaksinasi yang difasilitasi UPT BP2MI Bandar Lampung. Seperti diungkapkan oleh Edwin Hermawan (27) warga Lampung Selatan yang hendak pergi bekerja ke Jepang pada Kamis (5/8/2021).  

Menurutnya, adanya vaksinasi ini memang yang diharapkan para CPMI, dan sangat membantunya untuk cepat pergi keluar negeri sebagai salah satu syarat perjalanan.

Salabi mengatakan para peserta yang hadir hari ini sebelumnya telah melakukan pendaftaran secara daring melalui tautan bit.ly/VAKSINCPMILPG. Bagi para CPMI yang masih ingin menjalani vaksinasi dapat melakukan pendaftaran pada tautan tersebut guna dijadwalkan pada gelombang selanjutnya. * (Humas/UPT BP2MI Bandar Lampung/ASBG)