Monday, 28 November 2022

Berita

Berita Utama

Selamatkan Memori Kolektif Bangsa, BP2MI Serahkan Arsip Statis ke ANRI

-

00.11 22 November 2022 140

Selamatkan Memori Kolektif Bangsa, BP2MI Serahkan Arsip Statis ke ANRI

Jakarta, BP2MI (22/11) - Dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) turut berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Nasional “Penyerahan Arsip Statis Nasional” yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). 

Kegiatan yang dihadiri para stakeholder Lintas Kementerian dan Lembaga (K/L) ini, BP2MI diwakili oleh Plt. Sekretaris Utama, Agustinus Gatot Hermawan yang hadir secara langsung didampingi Kepala Biro Perencanaan BP2MI, Ahnas. 

Kepala ANRI, Imam Gunarto  mengungkapkan,  penyelenggaraan Rapat Koordinasi lintas Kementerian Lembaga ini merupakan bagian dari upaya Penyelamatan arsip nasional yang bernilai guna kesejarahan.

“Arsip yang diserahkan ANRI bukan untuk didiamkan. Namun, sebagai amanah yang kami emban untuk selanjutnya disampaikan kepada anak cucu kita. Menjadi warisan bagi anak cucu kita. Tertib arsip adalah langkah untuk mengembangkan memori kolektif bangsa yang menyusun memori kolektif dunia. Memori Kolektif ini adalah bagian dari peradaban manusia”, ungkap Imam di Hotel Ra Suite Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (22/11/2022).

Imam memaparkan, saat ini perkembangan pengelolaan kearsipan telah mencapai tahap yang sangat baik, yang dibentuk oleh kinerja Kementerian, Lembaga, BUMN dan juga Daerah.

“Kinerja kearsipan tahun 2022 sudah mencapai 96 persen yang menunjukkan hasil baik, bahkan sangat baik. Tinggal empat persen lagi yang masih harus diperbaiki dan dibenahi. Ini sangat penting sebagai upaya kita bisa segera bertransisi ke arsip digital secara optimal”, tambahnya

Ditemui usai pelaksanaan serah terima Arsip, Plt. Sestama BP2MI, Agustinus Gatot Hermawan mengapresiasi atas penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional Penyerahan Arsip Statis Nasional.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada  tim ANRI yang telah memberikan bimbingan terhadap Arsiparis BP2MI dalam pengelolaan arsip sehingga dapat melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik sesuai dengan kaidah yang berlaku”, ungkapnya. 

Gatot menuturkan, BP2MI sebagai instansi transformasi dari BNP2TKI melakukan langkah penyelamatan arsip melalui serah terima arsip statis BNP2TKI dan arsip penanganan Covid- 19 kepada Arsip Nasional Republik Indonesia.

“BP2MI akan terus berkomitmen untuk melaksanakan  penyelamatan arsip yang bernilai guna kesejarahan sebagai memori kolektif bangsa”, tutup Gatot. (Humas/AH)