Thursday, 6 May 2021

Berita

Berita Utama

UPT BP2MI Denpasar Fasilitasi Pemulangan PMI Asal Buleleng dari Amerika Serikat

-

00.04 15 April 2021 154

UPT BP2MI Denpasar Fasilitasi Pemulangan PMI Asal Buleleng dari Amerika Serikat

Denpasar, BP2MI (14/4) - Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI)  Denpasar memfasilitasi pemulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten  Buleleng atas nama Putu Heriana Eka Putra.

Informasi mengenai meninggalnya Putu Heriana Eka Putra disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Ketut Kariyasa Adnyana. UPT BP2MI Denpasar lalu berkoordinasi dengan pihak Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, serta Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng untuk menelusuri informasi tentang meninggalnya PMI bersangkutan dan berkoordinasi dengan pihak keluarga.    

Dari koordinasi yang dilakukan dengan KJRI Houston, diketahui bahwa PMI yang bersangkutan bekerja di Amerika Serikat dan meninggal di Rumah Sakit East Jefferson General Hospital, Louisiana, Amerika Serikat pada tanggal 20 Maret 2021 karena penyakit paru-paru.

 Berkenaan dengan proses administrasi di Amerika Serikat, kepulangan jenazah almarhum sempat tertunda. Jenazah baru diterbangkan dari Louisiana menggunakan Southwest Air Cargo 2521 menuju Houston pada tanggal 10 April 2021. Dari Houston, jenazah diterbangkan ke Florida, sebelum  akhirnya menuju Jakarta pada tanggal 13 April 2021 dengan pesawat Cathay Pacific Air Cargo 797. Biaya pemulangan dari Amerika Serikat hingga Jakarta ditanggung secara mandiri.

Jenazah dipulangkan ke Bali pada tanggal 14 April 2021 dengan difasilitasi oleh UPT BP2MI Serang. Setibanya di Bali, UPT BP2MI Denpasar langsung bergerak untuk memfasilitasi proses pengeluaran jenazah dari kargo domestik, serta menyewakan ambulans untuk pengantaran ke rumah duka.

Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan UPT BP2MI Denpasar, Anak Agung Gde Indra Hardiawan, turut serta mendampingi proses serah terima jenazah dan pemberian santunan kepada orang tua Putu Heriana Eka Putra.

“Kami dari UPT BP2MI Denpasar turut berduka cita atas meninggalnya almarhum Putu Heriana Eka Putra. Kepulangan jenazah almarhum tidak terlepas dari kerja keras dan koordinasi berbagai pihak, mulai dari KJRI Houston, UPT BP2MI Serang, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng, serta Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali. Fasilitasi pemulangan jenazah almarhum merupakan bentuk dari upaya nyata UPT BP2MI Denpasar untuk memberikan pelindungan pada PMI pada pra, masa, dan purna penempatan,” papar Agung.

Jenazah almarhum ini rencananya akan dikremasi pada tanggal 16 April 2021 di Krematorium Santha Yana Cekomaria, Denpasar. Jenazah tidak dibawa ke kampung halaman berkenaan dengan adanya upacara hari raya Galungan.*** (Humas/UPT BP2MI Denpasar)