Thursday, 9 December 2021

Berita

Berita Utama

Kabar Baik, Rencana Kolaborasi Program Pelatihan Bahasa Jepang UPT BP2MI Serang bersama BBPLK Serang

-

00.09 3 September 2021 456

Kepala UPT BP2MI Serang (tengah) melakukan koordinasi dengan Kepala BBPLK Provinsi Banten (dua dari kiri) - Kamis, 3 September 2021

Serang, BP2MI (3/9) - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Serang melakukan koordinasi dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Banten, pada Kamis (3/9/2021).

Dalam kegiatan ini, Kepala UPT BP2MI Serang, Joko Purwanto berencana untuk melakukan kolaborasi program kerja dengan BBPLK Serang dalam meningkatkan skill Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang berasal dari Banten.

BBPLK Serang merupakan Unit Pelaksana Teknis Pusat di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia untuk pelaksanaan program pelatihan kejuruan teknik las dan teknik listrik, namun ke depannya BBPLK Serang berencana untuk memperluas pengembangan pelatihan seperti pelatihan bahasa Jepang.

“Berdasarkan arahan dari Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, BBPLK Serang nantinya akan membuat program pelatihan bahasa Jepang, namun dikarenakan saat ini sudah mendekati akhir tahun, maka rencana tersebut akan mulai diimplementasikan pada tahun 2022,” ujar Kepala BBPLK Serang, Aan Subhan.

Ini merupakan kabar baik bagi CPMI yang berasal dari Banten dan juga bagi UPT BP2MI Serang. “Kami sangat menyambut baik kabar ini karena merupakan hal yang sangat kami tunggu dan dibutuhkan untuk CPMI yang berpotensi terutama CPMI program Government to Government (G to G) dengan negara penempatan Jepang. Kami harap, ketika program ini dimulai dapat berkolaborasi dengan program penempatan CPMI G to G BP2MI,” pungkas Joko dalam kegiatan koordinasi tersebut.

Koordinasi UPT BP2MI Serang dengan BBPLK Serang diharapkan dapat menjadi pembuka jalan bagi kolaborasi program dalam rangka pelindungan CPMI asal Banten sehingga dapat lebih memperkuat pelindungan pra-penempatan, terutama untuk peningkatan skill bahasa. * (Humas/UPT BP2MI Serang/AW)