Saturday, 4 February 2023

Berita

Berita Utama

Kunjungi STIKES Panca Bhakti, BP3MI Lampung Jajaki Rencana Kerja Sama

-

00.10 13 October 2022 310

Kunjungi STIKES Panca Bhakti, BP3MI Lampung Jajaki Rencana Kerja Sama

Bandarlampung, BP2MI (13/10) - Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Lampung melakukan kunjungan ke Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Panca Bhakti pada Rabu (12/10/2022) berkenaan dengan sosialisasi Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Selain silaturahmi, Kepala BP3MI Lampung, Ahmad Salabi, menyampaikan tujuannya, yakni rencana kerja sama antara BP2MI dengan STIKes Panca Bhakti.

“Tujuannya, agar lulusan dari AKPER Panca Bhakti dapat memanfaatkan peluang kerja ke luar negeri sebagai tenaga kesehatan,” ungkap Salabi.

Salabi menjelaskan bahwa beberapa tahun belakang lulusan AKPER Panca Bhakti banyak yang lulus dan sudah menjadi perawat di Jepang melalui program Government to Government (G to G),

"Potensi permintaan tenaga kerja ke luar negeri dengan jabatan nurse/careworker tahun 2020 hingga 2025 sebanyak 143.000 tenaga kerja. Para kandidat yang berminat untuk bekerja ke luar negeri, dapat mempersiapkan diri dan keterampilan, terutama bahasa, sebelum mendaftar online melalui skema Government to Government (G to G) BP2MI," ujar Salabi.

Melihat besarnya peluang kerja tersebut, penting bagi para penyedia supply lulusan keperawatan untuk terinformasi dengan baik utamanya dalam penyiapan pelatihan bahasa yang akan digarap lebih serius dengan penjajakan kerjasama MoU.

Sementara itu, Ketua STIKes Panca Bhakti, Anton Surya Prasetya, menambahkan bawa saat ini mahasiswa masih kekurangan informasi mengenai bagaimana proses dan jaminan keamanan selama bekerja di luar negeri.

“Dengan hadirnya BP2MI, sangat membantu kami dalam memberikan pengetahuan dan pembekalan kepada mahasiswa, supaya mahasiswa tidak ragu untuk memilih bekerja di luar negeri. Mahasiswa dapat meyakinkan orang tua mereka, bahwa bekerja di luar negeri itu aman, selama sesuai dengan prosedur penempatan” jelas Anton.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menyelenggarakan kelas internasional yang harapannya dapat diisi oleh BP3MI Lampung secara berkala dalam periode tertentu untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang potensi pasar kerja luar negeri. BP3MI Lampung menyambut baik keinginan tersebut dan akan segera mengagendakan diseminasi informasi baik secara daring maupun luring. **(Humas/BP3MILampung/ASBGumay)